+3 Skema Filter Kolam Ikan Koi Yang Baik dan Benar

  • Posted by: Duniakoi.com
  • Category: Kolam Koi

Skema Filter Kolam Ikan Koi yang baik merupakan salah satu hal yg tentunya wajib dan harus kita perhatikan. Dengan kita memiliki filter kolam ikan yg baik, maka kualitas air yg ada di kolam ikan koi kita akan tetap terjaga kebersihannya. Sehingga, semua ikan koi yg kita pelihara bisa hidup dan tumbuh dengan baik di kolam tersebut.

Jenis-Jenis Filter Kolam Ikan Koi

Secara umum, jenis filter kolam ikan terdiri dari:

  1. Filter mekanik
  2. Filter Kimia
  3. Filter Biologis

Untuk mendapatkan hasil secara lebih optimal, yaitu air lebih sehat, jernih dan bening, kita bisa menggabungan ketiga jenis filter diatas untuk pembuatan Skema Filter Kolam Ikan Koi. Ke-3 jenis filter ini mempunyai fungsi yang berbeda satu sama lain.

1. Mekanis

Skema filter kolam ikan koi yang pertama adalah mekanis. Skema Filter yang satu ini sudah biasanya kita temui pada kolam-kolam ikan maupun akuarium. Disini kita menggunakan sebuah pompa air untuk menarik air ke atas, lalu kemudian Air tersebut akan dibersihkan oleh filter yang berisi berbagai media untuk menyaring zat-zat berbahaya, seperti amonia. Air yg sudah di filter, selanjutanya akan kembali terjun ke bawah kolam dengan menggunakan gaya gravitasi. Proses ini terjadi terus menerus, sehingga kolam ikan koi kita akan terjaga kebersihannya.

2. Kimia

Skema filter kolam ikan koi yang kedua adalah memanfaatkan proses kimia dalam proses pembersihan air nya. Dalam skema filter ini, kita harus menyediakan ruang filter yang diisi oleh berbagai media untuk menyaring / memfilter air. Ada Beberapa zat atau bahan kimia yang bisa kita gunakan untuk skema filter kimia ini, yaitu batu zeolite, arang (kelapa atau kayu), dan serbuk karbon aktif. Seua zat tersebut tentunya mempunyai peran dan fungsi yang berbeda satu sama lain.

3. Biologi

Skema filter yg terakhir adalah biologi. Sistem filter ini menggunakan siklus alam untuk menjernihkan air atau yg biasa kita sebut sebagai proses nitrifikasi. Proses nitrifikasi Sebuah proses yang dilakukan oleh bakteri tertentu yang berada di dalam. Bakteri tersebut nantinya akan mengubah zat amonia menjadi tak berbahaya bagi ikan koi. Selain bakteri, unsur lain yang memenuhi skema ini adalah tanaman air, teratai, eceng gondok, hingga batu apung.

Baca juga : CONTOH FILTER KOLAM KOI SEDERHANA

Cara Membuat Skema Filter Kolam Ikan Koi Sederhana

Skema Filter Kolam Ikan Koi

Diatas kita sudah membahasa mengenai fungsi dan jenis dari skema filter kolam ikan koi yang jumlahnya ada 3 (Mekanik, Kimia & Biologi). Sekarang, tibalah saatnya untuk kita membahas mengenai cara membuat filter kolam ikan koi yang sederhana.

Alat dan bahan untuk membuat sendiri filter kolam ikan koi:

  • Drum atau tong, atau bisa diganti dengan ember dengan ukuran yang disesuaikan
  • Pipa paralon
  • Shock drat
  • Pipa L
  • Pipa T
  • Lem paralon
  • Gergaji besi
  • Dan perlengkapan lain yang sekiranya dibutuhkan

Teknis Pembuatan Skema Filter Kolam Koi Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah atau step-by-step untuk membuat filter kolam koi sederhana :

  • Kita harus Lubangi drum / ember di bagian bawah/dasar drum/ember sesuai ukuran pipa atau ukuran shock drat. Lubang tersebut nantinya berfungsi untuk membuang air saat dibersihkan.
Skema Filter Kolam Ikan Koi sederhana
  • Pasang instalasi pipa di bagian bawah (bottom drain). Lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut!
Instalasi bottom drain pada tandon filter
  • Selanjutnta, kita Buat lubang di bagian bawah samping. Lubang tersebut akan kita gunakan untuk pipa masuknya air (inlet filter) dari air kolam.
  • Langkah berikutnya adalah membuat lubang di bagian atas samping drum. Fungsi dari lubang tesdebut adalah untuk mengeluarkan air (outlet filter) menuju kolam ikan koi.
  • Jangan lupa untuk Pasang shock drat agar air tidak bocor. Kita harus pastikan bahwa shock drat tersebut benar-benar rapat agar tidak terjadi kebocoran.
  • Pasang pipa paralon yang berbentuk T dan L seperti pada gambar.
Pipa T dan L pada inlet filter tandon
  • Selenjutnya, kita Tambahkan media filter di atas pipa inlet filter. Bisa menggunakan kassa, atau saringan lain agar kotoran tidak naik.
  • Lakukan pemasangan pipa L pada outlet filter dengan menghadap ke atas seperti tampak pada gambar. Itu semua kita lakukan agar udara dapat masuk ke dalam kolam bersama dengan air, sehingga kadar oksigen dalam kolam juga ikut ditambahkan. Desain pipa menghadap ke atas juga difungsikan agar kotoran tidak masuk kembali ke dalam kolam.
Pipa outlet filter pada tandon menghadap ke atas
  • Setelah semuanya selesai, maka filter ini siap untuk digunakan dalam kolam. Hubungkan inlet filter dengan pompa air yang telah disediakan untuk mengalirkan air dari kolam ke dalam sistem filter sederhana yang kita buat tersebut.

Baiklah, demikian sharing kita kali ini tentang Skema Filter Kolam Ikan Koi Yang Baik dan Benar untuk pemula. Semoga bermanfaat untuk semuaya ya. Terima kasih!

Author: Duniakoi.com

Leave a Reply