4 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Ikan Koi

  • Posted by: Duniakoi.com
  • Category: Informasi
sejarah ikan koi

Ikan Koi dikutip dari Wikipedia merupakan ikan yang asalnya dari Jepang jika di alih bahasakan artinya menjadi ikan karper. Lebih lengkapnya Koi bernama nishikigoi yang berarti ikan karper yang mempunyai sulam emas atau perak. Di Jepang Koi menjadi simbol dari cinta dan persahabatan dan menjadi ikan hias yang banyak digemari.

Kebanyakan Koi dipelihara karena dipercayai bisa mendatangkan keberuntungan kepada pemiliknya, selain itu Koi juga memiliki varian warna dan ornamen yang sangat indah. Jenis ikan yang indah ini kebanyakan mempunyai warna, pola dan ukuran yang berbeda.

Dalam artikel ini akan dibahas lengkap 4 hal penting yang harus kamu ketahui tentang ikan yang sering digadang-gadang sebagai pembawa keberuntungan ini. Mulai dari sejarah, jenis hingga cara budidaya Koi untuk Anda yang ingin memelihara ikan ini.

Sejarah Ikan Koi

ikan koi

Koi mempunyai sejarah yang panjang dipercaya sudah menjadi ikan yang digemari masyarakat sejak 200 tahun lalu di Jepang. Dahulu ikan ini dibudidayakan oleh para petani yang biasanya membudidayakan ikan mas hitam untuk menjadi sumber makanan. Namun ikan yang lahir dalam proses pembudidayaan itu malah menjadi ikan-ikan mas yang berwarna-warni dan mengagumkan.

Seiring berjalannya waktu banyak orang mulai mengagumi keindahan dari Koi dan meyakini Koi sebagai karya seni yang mempesona. Kata Koi sendiri merupakan homofon yang berasal dari bahasa Jepang yang artinya adalah ‘Cinta’ atau Kasih Sayang’. Di Jepang Koi menjadi simbol cinta dan persahabatan yang dipercaya sejak jaman dahulu.

Koi juga dikenal sebagai permata hidup yang berenang di air, nama Koi diambil dari kata ‘Nishiki’ dari bahasa Jepang artinya indah dan anggun. Pada jaman Jepang kuno hanya ada 4 harta karun yang paling berharga yaitu perak, emas, karang dan nishiki. Dari sinilah kemudian Koi disebut dengan Nishikigoi yang artinya Koi disamakan dengan nishiki atau pola brokat yang mempunyai motif indah dan berwarna warni.

Jenis Ikan Koi

Koi mulai dikembangbiakan ketika tahun 1800an di negara Jepang, dahulu Koi hanya dimanfaatkan sebagai sumber makanan masyarakat sekitar. Namun karena keindahannya yang berubah-ubah karena pengaruh alami dan beberapa perkawinan silang ketika proses budidaya, kemudian membagi Koi menjadi beberapa jenis.

1. Kohaku

ikan koi kohaku

Koi jenis Kohaku diakui sebagai raja diantara berbagai jenis Koi lain, karena Kohaku dipercaya sebagai jenis Koi pertama yang mempunyai ciri khas dua warna pada tubuhnya. Karena munculnya dua warna pada Koi ini menjadi penemuan berharga para petani budidaya ikan di Jepang, bahkan sampai saat ini kohaku selalu menjadi jenis ikan yang banyak penggemarnya.

Koi mempunyai kualitas yang bagus dan ciri khasnya tanda merah ditambah dengan paduan warna putih solid sering kali ada tanda noda kekuningan pada moncong ikan yang menjadi salah satu ciri-ciri ikan Koi kohaku ini. Warna populer kohaku yang paling otentik adalah warna khas orange dan merah, ketika tanda kohaku semakin terlihat harga ikan ini akan meningkat hingga sepuluh kali lipat.

2. Asagi

koi asagi

Koi asagi juga termasuk dalam salah satu jenis Koi purba yang sudah ada sejak zaman dahulu, dulunya asagi juga terkenal sebagai makanan lokal di antara para petani Jepang namun kemudian mereka menyadari keindahan dan potensi dari Koi asagi ini. Asagi mempunyai ciri khas yaitu pola sisiknya yang terlihat seperti berlian serta adanya tanda merah di beberapa bagian ikan membuat ikan asagi ini terlihat sangat menawan.

Biasanya tanda merah pada asagi terlihat pada perutnya, bagian ekor dan plat insangnya namun jarang muncul pada bagian sirip punggung. Ikan Koi termahal untuk jenis asagi adalah yang mempunyai kepala putih bersih dan warna tubuh abu-abu halus biasanya juga memiliki sisik biru cerah yang menjadikan Koi asagi paling mahal dan diidam-idamkan banyak orang.

3. Taisho Sanke

taisho sanke

Koi jenis taisho sanke juga termasuk dalam salah satu jenis Koi yang paling populer karena mempunyai pola yang sangat menarik yaitu pola warna paduan merah hitam dan putih. Biasanya warna hitam halus lebih mendominasi tubuh dari Koi taisho sanke, pola atau corak pada ikan ini juga hampir mirip dengan jenis Koi kohaku namun terdapat ciri khas corak warna hitamnya.

4. Bekko

Koi Shiro Bekko

Jenis Koi yang satu ini memiliki ciri khas yaitu warna putih dengan bintik hitam di seluruh tubuhnya, selain warna hitam Koi ini juga mempunyai tiga varian warna yaitu putih, kuning dan merah. Diantara ketiga warna Koi bekko yang paling langka dan yang paling diidam-idamkan adalah warna kuning.

5. Ginrin

Ikan Koi Ginrin Kohaku

Jenis Koi ginrin ini memiliki ciri khas yaitu sisik yang berwarna kilau metalik dan menjadi salah satu Koi paling menarik dan unik diantara berbagai jenis Koi lainnya. Nama gin sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya adalah perak, Koi jenis ginrin ini diproduksi secara terbatas dan termasuk dalam jenis yang langka.

6. Koi Doitsu 

Koi Doitsu Kohaku

Koi doitsu ini dulunya sangat populer di kalangan orang Jerman bahkan namanya doitsu dalam bahasa Jepang artinya adalah Jerman atau Deutsch. Dulunya orang Jerman sangat menyukai kelezatan dari Koi jenis doitsu, namun saat ini ikan doitsu sangat digemari karena tubuhnya yang kokoh dan memiliki pesona yang luar biasa namun tidak memiliki sisik metalik.

7. Goshiki

Goshiki Koi

Kue jenis goshiki dikenal karena mempunyai pola warna segi lima, Koi goshiki juga terkenal dengan sebutan permata merak karena mempunyai 5 warna di pada bagian tengah tubuh nya. Koi goshiki biasanya memiliki warna dasar tubuh putih dan kemudian terdapat corak warna lain dan mempunyai ciri khas musik metal.

8. Hirenaga

Hirenaga koi

Koi jenis ini mempunyai sejarah yang cukup unik karena pada mulanya kaisar hirohito datang ke Indonesia untuk melihat ikan mas panjang, kemudian kaisar tertarik untuk mengawinkan ikan mas sirip panjang dengan Koi dari jepang. Kemudian terciptalah Koi hirenaga yang indah dan diciptakan pertama kali pada tahun 1991.

Budidaya Ikan Koi

Budidaya Ikan Koi

Dalam melakukan budidaya Koi tidak bisa sembarangan karena harus mempunyai pengalaman dan keahlian tersendiri, pembudidaya juga harus memiliki keterampilan dan kesabaran dalam mengurus serta mengembang biakan iKoi hingga merawatnya menjadi ikan-ikan yang indah. Tentunya butuh modal untuk membuat kolam ikan Koi dan mendapatkan bibit ikan Koi terbaik jika ingin sukses dalam pembudidayaan Koi.

Selain itu pembudidaya juga harus mengetahui penyakit-penyakit yang biasanya menjangkit Koi dan bagaimana cara mengobati ikan agar tidak menulari ikan yang lain. Disarankan bagi para pembudidaya yang ingin mulai mengembang biakan Koi sendiri untuk belajar cara budidaya Koi, bisa melalui buku atau melalui internet yang sudah banyak menyediakan cara membudidayakan Koi dengan baik dan benar.

Harga Ikan Koi

Harga Ikan Koi

Koi mempunyai berbagai jenis dan ukuran yang juga dibanderol dalam harga yang berbeda-beda masing-masing setiap ikannya. Daftar harga Koi bisa diklasifikasikan berdasarkan jenis ikan misalnya seperti harga ikan kohaku dibanderol mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 2.000.000 tergantung pada kualitas ikan. Sementara untuk Koi jenis sanke ukuran kecil dibanderol dengan harga mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 200.000.

Jenis-jenis Koi yang lainnya juga dibanderol dengan harga yang berbeda-beda tergantung pada kualitas ikan dan besaran ikan. Selain itu faktor lain seperti keindahan dan nilai estetik yang memang membuat Koi menjadi langka akan meningkatkan harganya dengan pesat. Apalagi jika dijual kepada para kolektor Koi yang ada di seluruh dunia.

Ikan Koi bukan hanya diminati oleh orang Jepang saja namun banyak orang hampir di seluruh dunia yang menyukai Koi dan memelihara Koi sebagai hobi. Hal ini membuat banyaknya peluang bisnis yang berkaitan dengan Koi dan bisa menjadi alternatif bisnis yang cukup menjanjikan, misalnya seperti bisnis jual ikan Koi, atau jual pakan ikan Koi dan berbagai jasa lainnya.

Author: Duniakoi.com

Leave a Reply