4 Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Koi

  • Posted by: Duniakoi.com
  • Category: Penyakit Koi
Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Koi

Halo sobat Duniakoi.com semuanya, sebagaimana yg kita ketahui bahawa Penyakit White Spot pada ikan koi merupakan salah satu penyakit yg cukup ditakuti oleh para pecinta ikan koi, khususnya para pemula. Bagi mereka yang sudah berpengalaman dalam merawat ikan koi, mungkin penyakit White Spot pada ikan koi ini bukanlah suatu hal yang perlu ditakuti karena mereka sudah mengetahui cara untuk mengobati atau mengatasinya.

Nah, untuk sobat sekalian yang mungkin belum mengetahui secara jelas mengenai penyakit White spot ini, berikut ini akan kita bahas secara lengkap mengenai semua hal yang berkaitan dengan Penyakit White Spot pada ikan koi!

Gejala Penyakit White Spot Pada Ikan Koi

Gejala Penyakit White Spot Pada Ikan Koi

Pemahaman terhadap gejala munculnya penyakit white spot pada ikan koi tersebut mempercepat langkah penanganan agar tidak menimbulkan kondisi fatal pada tubuh ikan koi. Gejala terjadinya serangan parasit pada ikan koi tersebut muncul dalam dua kondisi yakni secara fisik dan psikis ikan.

Gejala penyakit white spot ini dapat dilihat pada tubuh ikan koi, dan juga dengan memantau perilaku ikan koi secara seksama. Salah satu hal yang dapat menandakan adanya penyakit white spot pada ikan koi yg paling mudah yakni ditandai oleh munculnya bintik putih kecil yang mana dapat terlihat sangat jelas seperti butiran garam, dan itu semua merupakan alasan jelas mengapa penyakit white spot pada ikan koi ini disebut sebagai penyakit bintik putih. Bintik putih yang ada pada tubuh dan insang ikan koi inilah yang disebut dengan white spot pada ikan koi. 

Beirkut ini adalah Penjelasan mengenai gejala ikan koi yang mengalami infeksi parasit yang tentunya harus kita ketahui:

a. Gejala fisik infeksi parasit white spot


Bentuk gejala pertama yang dapat muncul pada penyakit white spot akibat infeksi parasit terlihat dari kondisi fisik ikan koi. Keadaan gejala tersebut awalnya muncul dengan adanya bintik putih di sirip maupun sisik bagian permukaan.

Bintik putih tersebut lama kelamaan dapat menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan dampak infeksi lebih besar.

Ciri bintik putih yang benar merupakan infeksi white spor adalah rasa seperti pasir ketika dipegang. Kondisi ikan yang tertutup oleh banyak lendir juga menjadi gejala penyakit infeksi parasit tersebut.

b. Gejala psikis infeksi parasit white spot


Selain gejala yang dapat dilihat secara langsung melalui kondisi fisik dari ikan, ada bentuk pertanda lain dari white spot pada ikan koi tersebut yakni munculnya psikis dan pergerakan ikan berbeda.

Ikan yang mengalami infeksi parasit tidak dapat bergerak sesuai dengan kemampuannya. Ikan yang malas bergerak merupakan satu pertanda munculnya kondisi infeksi parasit atau permasalahan kesehatan lainnya sehingga perlu diwaspadai pemiliknya.

Selain keadaan ikan yang malas untuk bergerak, ada beberapa gejala lain yang bisa terlihat seperti malas maka. Kondisi fisik yang juga dapat menandakan ikan terkena parasit adalah sering berdiam di tempat pancuran atau dasar dari kolam.

Ikan yang bergerak secara tidak teratur dan mengesekkan bagian tubuhnya ke dinding kolam juga dikenal sebagai pertanda infeksi parasit.

Penyebab White Spot Pada Ikan Koi

penyebab White Spot Pada Ikan Koi

yang menjadi masalah utama kenapa ikan terkena white spot adalah ikan tersebut mengalami daya tahan tubuh yang berkurang (ada juga faktor lain). nah penyebab daya tahan tubuh ikan yang berkurang ada beberapa sebab

Berikut ini adalah beberapa Penyebab White Spot pada ikan koi yang tentunya harus kita ketahui :

1. Suhu air dan kualitas air yang buruk

Suhu air yang terlalu dingin tidak bagus untuk ikan, tetapi sangat bagus untuk parasit seperti Ichthyophthirius multifiliis

2. Suhu air yang berubah drastis

Adanya perubahan suhu yang signifikan bisa membuat ikan stress dan rentan terhadap penyakit ini. Perubahan suhu air ini biasanya terjadi apabila kolam ikan koi terkena air hujan.

3. Cuaca yang tidak Mendukung

Angin muson timur yang terjadi di sepanjang april – oktober membuat hawa semakin dingin. tentu ini akan mengacu ke nomor 1 tadi

4. Adanya Makhluk lain / ikan yang lebih dominan

Adanya ikan jenis lain yang lebih banyak, bisa menyebabkan atau membuat ikan koi stress.

5. Pola Makan Yang tidak baik

Sumber makanan yang baik dan teratur akan membuat ikan menjadi lebih sehat, namun apabila pola makan ikan ini buruk, dampaknya bisa jadi membuat ikan koi sakit

6. Tidak Melakukan Aklimasi

ketika kalian habis beli ikan, sebaiknya lakukan aklimasi (penyesuaian suhu air di wadah ikan dengan suhu di aquarium dengan cara meletakan wadah ikan di permukaan aquarium sehingga suhu air keduanya akan sama)

7. Memasukan Ikan beserta Air sehabis membeli

parasit Ichthyophthirius multifiliis bisa diatang dari mana saja, misalnya di air penjual ikan. oleh karena itu, selain melakukan aklimasi, lakukan juga pemindahan ikan tanpa air (namun kadang beberapa penghobi memilih untuk skip cara ini)

8. Faktor Eksternal (manusia)

Aquarium yang sering terguncang, tersenggol atau kaget akan membuat ikan lebih mudah stress. nah jika sudah stress, akan mudah terkena penyakit ini

Cara Mengatasi Penyakit White Spot Pada Ikan Koi

Cara Mengatasi Penyakit White Spot Pada Ikan Koi

Setelah memahami kondisi gejala dan penyebab dari kondisi white spot atau bintik putih pada ikan koi, maka proses mengatasi keadaan ikan tersebut harus dilakukan.

Pengobatan ikan yang terinfeksi parasit perlu dijalani dengan langkah yang tepat dan cepat. Infeksi parasit white spot dapat diatasi dengan mudah ketika pengobatan dilakukan dengan cepat dan dalam kondisi tepat.

Pengobatan yang tidak berjalan dengan cepat dapat menyebabkan kondisi buruk pada tubuh ikan. Ikan dapat mengalami keadaan mati ketika pengobatan parasit tidak dilakukan dengan cepat.

Baca juga : +7 Cara Membedakan Koi Jantan dan Betina

Selain menyebabkan dampak buruk para ikan, penularan yang cepat dapat muncul untuk jenis penyakit ini. Ada beberapa langkah mengatasi penyakit white spot yang dapat diperhatikan para pecinta ikan koi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi penyakit white spot pada ikan koi :

1. Pahami dahulu tentang penyakit white spot yang terjadi pada ikan koi. 

Penyakit Ich atau bisa juga disebut white spot pada ikan koi merupakan jenis penyakit yang dapat mempengaruhi ikan koi atau juga bisa ikan hias lainnya dengan cara yang sama, tetapi ada hal yang dapat dibedakan yakni lama siklus hidup dan juga cara pengobatannya lah yang sedikit berbeda.  Ciri-Ciri Penyakit White Spot Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Pada kedua jenis ikan koi dan jenis ikan hias lain, parasit protozoa akan menempel pada tubuh ikan koi,agar dapat menumpang di dalam siklus hidup ikan. Di dalam air yang mengalir seperti di sungai,penyakit Ich lebih tidak berbahaya karena inang lebih sulit untuk ditemukan. 

Ketika parasit menemukan inang, maka parasit ini akan terlepas dari ikan koi, dan ikan koi mampu pergi menjauh dan dapat menyembuhkan lukanya sendiri. Namun, di dalam akuarium yang tertutup, parasit white spot ini dapat dengan mudah menempel pada ikan koi, sehingga dapat menggandakan diri dan mengerumuni inang ikan koi, yang mana bila hal ini kita diamkan bisa jadi lama-kelamaan akan membunuh semua ikan yang ada di dalam akuarium.

2. Pahami bahwa stres adalah faktor yang cukup mendorong penyakit Ich

Karena penyakit Ich ini adalah jenis penyakit yang cukup umum, maka kebanyakan ikan koi ini akan cenderung mulai kebal terhadap penyakit tersebut. Namun,akan tetapi, rasa stres pada ikan koi inilah yang dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh pada ikan koi, dan pada saat itulah Ich dapat menyebar dengan begitu cepat. Perasaan stres pada ikan koi ini dapat disebabkan oleh:

  • Suhu air yang tidak sesuai atau juga kualitas air yang begitu buruk.
  • Makhluk lain yang hidup di dalam akuarium.
  • Bersemayam nya makhluk baru yang dimasukkan ke dalam akuarium.
  • Pola makan ikan koi yang tidak baik.
  • Pengiriman atau penanganan ikan koi ketika akan dipindahkan.
  • Lingkungan rumah Anda, khususnya jika rumah cenderung berisik, atau terdapat efek bantingan atau guncangan pada pintu, atau bisa juga karena banyaknya aktivitas di sekitar akuarium.

Oh iya, Penyakit White spot pada ikan koi ini juga terkadang hanya bisa kita temukan pada bagian insang ikan koi yang kita miliki. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri ikan koi yang mempunyai penyakit White spot dibagian insang :

  • Ikan koi akan dominan menyendiri,atau biasanya bersembunyi ketika Ikan merasa sakit, dan perubahan perilaku ini dapat ditandai dengan kebiasaan ikan koi yang tidak semestinya,dan inilah merupakan tanda-tanda ikan koi akan merasa stres atau bisa juga sakits Ikan mungkin akan bersembunyi di balik hiasan akuarium atau tidak beraktivitas dengan semangat seperti biasa
  • Ikan koi akan cenderung bergerak dengan cepat dan berlebihan. Ikan koi ini mungkin akan menggosokkan tubuhnya pada tanaman atau juga bisa ke bebatuan yang ada di dalam akuarium secara berlebihan untuk melepaskan parasit dari tubuhnya, atau bisa juga karena penyakit white spot ini dapat menyebabkan iritasi  lain pada ikan koi.
  • Kehilangan nafsu makan pada ikan koi juga dapat menjadi sebuah ciri bahwa ikan koi terkena white spot,jika ikan koi ini tidak mau makan atau hanya memuntahkan makanannya, maka hal tersebut mungkin pertanda bahwa ikan koi sedang stres dan sakit.
  • Ketika penyakit white spot pada ikan koi sudah dalam tahap yang parah, maka ikan koi akan kesulitan untuk bernapas. Hal ini bisa ditandai dengan ikan koi yang sering megap-megap pada permukaan air atau juga bisa dengan mengambang di dekat filter akuarium. Ini semua terjadi karena ikan koi kekurangan oksigen. Penyakit white spot  yang menempel pada insang ikan koi akan menyulitkan untuk menyerap oksigen secara maksimal ketika di air.
  • Sirip ikan koi ini akan menyusut. Hal lain yang dapat dimaksudkan adalah ikan koi ini sering menyusutkan siripnya,bukan membiarkannya terbuka lebar dan bebas berada di sisinya.

3. Memperhatikan Kualitas Kolam

Langkah ketiga yang harus dilakukan pemilik koi dalam cara menghilangkan kutu ikan dan parasit koi adalah memperhatikan kualitas kolam. Sebagai penyebab utama terjadinya pertumbuhan parasit dikolam dan menyebabkan infeksi, kolam dengan kualitas air terbaik harus menjadi pilihan tempat pengobatan ikan tersebut. Ikan yang mengalami infeksi kutu atau parasit harus dipisahkan dari ikan lainnya.

Proses pemisahan tersebut dilakukan untuk dua kondisi yakni menghindari penularan dan proses pengobatan yang lebih fokus.

Dengan memisahkan ikan yang mengalami infeksi kutu koi tersebut  akan menyebabkan penularan tidak terjadi pada ikan koloni lainnya dalam satu kolam atau akuarium.

Meskipun sudah dipisah, ikan yang belum terlihat terinfeksi tetap harus dipantau agar bisa memberikan pencegahan kondisi lebih buruk.

4. Pemberian Obat Sesuai Dosis

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk dapat mengatasi penyakit white spot pada ikan koi adalah memberikan obat sesuai dengan dosis.

Pilihan obat pertama yang dapat digunakan adalah tradisional dengan menggunakan garam dan beberapa jenis daun seperti daun nangka dan daun sirsak. Dosis pemberian garam pada ikan koi adalah sebesar 10% yang dihitung dari jumlah air dalam kolam.

Selain garam, perendaman ikan juga dapat dilakukan menggunakan larutan methylene blue. Dosis pemberian larutan MB tersebut sebanyak 1 – 2 gram per 1000 liter air kolam ikan. Dalam proses perendaman ikan, pastikan bahwa kondisi kualitas air memiliki parameter yang baik.

Baca juga : 4 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Ikan Koi

Malachite green juga dapat digunakan sebagai pengobatan koi yang mengalami infeksi parasit dengan dosis lebih kecil sebesar 0,1 – 0,2 gram dalam 1000 liter air.

Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Koi

Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Koi

Berapa lama kah penyakit white spot pada ikan koi ini bisa disembuhkan? Mengenai jangka waktu sembuh sebenarnya tidak bisa kita tentukan waktunya, karena itu semua kembali lagi kepada stamina dari ikan koi nya, serta seberapa parah kah ikan koi tersebut terserang penyakit White Spot. Yang perlu kita ketahui adalah jika penanganan penyakit ini tidak tepat, maka bisa saja proses penyembuhan jadi berlarut-larut dan bahkan bisa saja penyakit ini menjadi semakin parah dan pada akhirnya menimbulkan kematian.

Nah, Berikut ini adalah bebrapa hal yang harus kita persiapkan untuk dapat mengobati ikan koi yg terkena penyakit White Spot / bintik putih :

  • Garam Ikan
  • Methylene Blue
  • Heater (opsional)
  • Wadah
  • Air Bersih
  • Aerator

Setelah sobat sekalian menyiapkan semua peralatan diatas, silahkan sobat sekalian ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Siapkan air bersih di dalam wadah. Usahakan untuk memilih wadah yang luas
  2. Setelah itu tambahkan Methylene Blue ke dalam air tadi. Lihat takaran penggunaan di kemasan.
  3. Masukkan garam ikan secukupnya
  4. Pasang Heater di dalamnya. Atur ke suhu 30 derajat Celsius
  5. Nyalakan Aerator, dan lakukan proses aerasi setidaknya 5 menit
  6. Kemudian, silahkan pindahkan ikan koi yang terkena penyakit White Spot tadi ke dalam air yang sudah disiapkan
  7. Pantau perkembangan ikan koi ini setiap hari dan lakukan penggantian air rutin setiap hari

Baiklah, mungkin itu saja yang bisa kita share pada kesempatan kali ini terkait Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Koi. Semoga bisa bermanfaat untuk sobat Dunia Koi semuanya ya. Terima kasih! 🙂

Author: Duniakoi.com

Leave a Reply