Kenali 5 Ciri-Ciri Ikan Koi yang Bagus agar Anda Tidak Salah Pilih

  • Posted by: Duniakoi.com
  • Category: Informasi
Ciri-Ciri Ikan Koi

Apakah Anda tertarik untuk memelihara Ikan Koi? Jika iya, maka Anda perlu memilih ikan yang sehat dan juga berkualitas, agar ikan bisa berkembang biak dengan cepat dan dalam kondisi yang baik. Ada beberapa ciri-ciri Ikan Koi yang perlu Anda ketahui dan bisa dijadikan sebagai acuan dalam memilih ikan.

Ciri-ciri Ikan Koi yang Bagus

Sebelum memutuskan untuk membeli ikan hias khususnya Koi, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai ciri bahwa ikan tersebut berada dalam keadaan yang baik dan berkualitas tinggi.

ciri-ciri lkan koi

Nah, berikut ini adalah ciri-ciri ikan koi yang bagus yang tentunya perlu kita ketahui :

1. Punggung ikan

Jika Anda memperhatikan Koi, maka perhatikan bagian punggungnya, apakah terlihat lurus atau tidak. Seharusnya punggung Koi ini terlihat lurus dan saat ikan berenang meliuk, punggung ikan terlihat melengkung dalam kondisi yang wajar. Jika Anda menemukan Koi yang saat berenang badannya membentuk lengkungan yang kelewat tajam, maka sebaiknya cari Koi yang lain saja.

2. Sirip ikan

Selanjutnya adalah perhatikan sirip ikan tersebut, apakah memiliki penyakit cacat bawaan lahir atau tidak, Salah satu ciri ikan yang tidak bagus akan terlihat dari siripnya yang kerdil, ada cacat di sirip bagian ekor, punggung, serta bagian sirip di perutnya. Jadi sebelum Anda menentukan Koi mana yang akan dibeli, pastikan untuk memilih Koi yang memiliki sirip sempurna.

3. Kepala ikan

Ciri lain dari ikan yang bagus adalah terlihat dari bagian wajahnya yang terbentuk wajar, baik dilihat dari hidungnya ataupun rahangnya. Jika dilihat ada bentuk yang tidak wajar pada bagian rahangnya, bisa saja ikan tersebut terkena penyakit gill root atau akar insang yang menyerang Koi saat masih kecil. Adanya kecacatan tersebut bisa berpengaruh pada bentuk kepala ikan, bentuk mulut serta insang ikan.

4. Warna sisik pada ikan

Ikan yang bagus dan berkualitas memiliki sisik yang bercorak menarik, dengan warna dasar sisik berwarna hitam, kuning, merah dan juga putih. Ada juga beberapa Koi yang memiliki motif totol-totol yang membuat tubuh ikan terlihat lebih cantik. Selain itu, Koi bisa dikatakan bagus jika bisa merubah warna sisik sesuai dengan tempat dimana ikan tersebut hidup.

5. Perut ikan

Perlu Anda ingat bahwa ikan saat bertelur memiliki perut yang buncit, jadi saat Anda menemukan ikan dengan perutnya yang buncit, hal tersebut tidak berarti bahwa ikan dalam kondisi yang tidak sehat.

Ikan hias seperti Koi ini sangat rentan terkena penyakit, terlebih jika kondisi kolam ikan tidak diperhatikan kebersihannya, selain itu perubahan cuaca ekstrim juga bisa berpengaruh pada kesehatan Koi, yang membuat ikan tersebut  terkena penyakit yang berasal dari bakteri, jamur, maupun parasit yang tumbuh di kolam.

Baca juga : 4 Tips Membuat Kolam Ikan Koi Yg Baik & Benar

Membedakan Ikan Koi jantan dan betina

Membedakan Ikan Koi jantan dan betina

Saat Anda memulai untuk memelihara dan mengembangbiakan ikan, tentunya perlu diketahui mana ikan yang betina dan mana juga ikan yang jantan. Agar Anda bisa membedakan mana Koi jantan dan mana Koi yang betina supaya mudah saat dikawinkan, maka perlu dilihat beberapa ciri-ciri Ikan Koi tersebut yang bisa dilihat dari beberapa hal, yakni.

1. Bentuk tubuh ikan

Saat Koi berada di umur yang cukup matang sekitar umur 3 tahun, biasanya tubuh ikan sudah mencapai 25 cm. Pada fase inilah Koi jantan dan betina bisa dibedakan dengan mudah, biasanya Koi betina memiliki bentuk tubuh yang lebih gemuk dibandingkan dengan Koi jantan, hal ini dikarenakan adanya telur yang dibawa oleh Koi betina, sehingga perutnya terlihat lebih bulat.

2. Bentuk sirip ikan

Setelah bentuk tubuh ikan, Anda juga bisa membedakan ikan jantan dan ikan betina dari bentuk siripnya, biasanya pada ikan yang berada di umur remaja hingga dewasa ada perbedaan siripnya. Sirip ikan jantan yang dewasa biasanya berada di samping dekat kepala dengan bentuk yang lebih runcing dan solid.

3. Cairan perut

Meskipun cara ini cukup ekstrim, tapi bisa juga digunakan untuk menentukan ikan apakah jantan atau betina, hal ini bisa dilihat dari cairan yang ada di perutnya yang akan keluar saat di dipencet. Jika yang keluar adalah cairan berwarna putih kental maka Koi tersebut adalah jantan, jika berwarna kuning maka Koi tersebut betina.

Nah itulah 5 ciri-ciri Ikan Koi yang menunjukan bahwa ikan tersebut dalam kondisi yang bagus dan juga berkualitas tinggi. Jika ada yg ingin sobat sekalian tanyakan terkait ciri-ciri ikan koi yg kita bahas kali ini, silahkan bisa bertanya melalui kolom komentar yg tersedia dibawah ini! 🙂

Author: Duniakoi.com

Leave a Reply