9 Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar

  • Posted by: Duniakoi.com
  • Category: Cara Budidaya
Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Yang Benar

Cara Budidaya Ikan Cupang 2021 – Jenis Ikan yang satu ini sangat terkenal dengan keindahan warnanya, terbukti saat ini banyak sekali orang gemar mengoleksi beraneka ragam jenis ikan cupang hias. Maka dari itu tidaklah salah jika saat ini banyak sekali orang yang ingin membudidayakan ikan cupang tersebut dan memang bisnis ikan cupang ini bisa menjadi peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan.

Bagaimana cara budidaya ikan cupang hias yang benar?

Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara budidaya ikan cupang yang lengkap untuk pemula :

1. Pilih Indukan Ikan Cupang

Sebagaimana yg kita ketahui bahwa saat ini ada cukup banyak  jenis ikan cupang yg bisa kita temukan dipasaran. Maka dari itu, sebelum kita dapat melakukan budidaya ikan cupang, terlebih dahulu kita harus mengetahui bahwa indukan jantan dan betina yg ingin kita pilih ini apakah sudah masuk kedalam fase matang / siap untuk dikawinkan atau belum. Hal ini sangat penting untuk kita perhatikan karena ini termasuk salah satu cara budidaya ikan cupang yg baik dan benar.

indukan ikan cupang yang bagus

Bagaimana cara membedakan ikan cupang jantan dan betina? ….

Berikut ini adalah beberapa ciri yang membedakan antara ikan cupang dan betina :

a. Jantan
– Siripnya panjang dan berwarna terang
– Bentuk badannya panjang
– Gerakannya lincah

b. Betina
– Siripnya pendek dan warnanya kusam
– Bentuk badannya lebih bulat
– Gerakannya lambat

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, Indukan ikan cupang jantan biasanya mulai bisa di budidayakan pada usia 4-8 bulan, sedangkan untuk ikan cupang betina baru bisa dibudidayakan pada usia 3-4 bulan.

2. Siapkan tempat pemijahan dengan air yang bersih

Sebelum ikan cupang ini kita budidayakan, maka terlebih dahulu kita harus menyiapkan tempat pemijahan (misal : akuarium) yg diisi dengan air sungai yang bersih untuk pemijahan antara ikan cupang jantan dan ikan cupang betina.

tempat pemijahan ikan cupang

Oh iya, sebelum ikan cupang kita pindahkan ke tempat pemijahan, Biarkan terlebih dahulu air yg ada dalam tempat tersebut selama satu malam.

3. Tanaman air untuk tempat berlindung anak ikan

Salah satu hal yg tidak kalah penting agar proses budidaya ikan cupang kita berhasil adalah memasukkan beberapa tanaman air kedalam tempat pemijahan.

tanaman air untuk ikan cupang

Tanaman air tersebut nantinya akan berfungsi sebagai tempat berlindunganya para anak ikan cupang.

4. Masukkan ikan cupang jantan yang telah siap kawin

Silahkan sobat Masukkan ikan cupang jantan yg telah kita pilih tersebut kedalam tempat pemijahan untuk membuat gelembung-gelembung udara yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan para telur yang sudah dibuahi. Proses tersebut biasanya membutuhkan waktu sekitar satu hari.

5. Masukkan indukan betina

Jika gelembung udara yg dibuat oleh ikan cupang jantan sudah siap, silahkan sobat masukkan indukan ikan cupang betina kedalam kolam atau tempat pemijahan. Pemijahan ikan cupang hias ini biasanya akan terjadi mulai pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Oh iya,  Dikarenakan Ikan cupang ini termasuk jenis ikan yang cukup sensitif, maka kita harus biarkan ikan cupang ini ditempat yang tenang agar tidak terganggu.

6. Angkat indukan betina dari tempat pemijahan

Setelah proses pemijahan ikan cupang selesai, silakan sobat sekalian pisahkan indukan ikan cupang betina dari tempat pemijahan. Dalam proses pemijahan ini, ikan cupang yg berperan untuk menjaga para telur adalah indukan ikan cupang jantan.

Baca juga : 6 TIPS BUDIDAYA IKAN KOI YANG BAIK DAN BENAR

Telur yg sudah dikeluarkan oleh indukan ikan cupang betina ini akan dipindahkan kedalam gelembung oleh ikan cupang jantan. Itu semua dilakukan agar  ikan cupang betina tidak memakan para telur.

7. Telur menetas dan berikan kutu air (moina atau daphnia)

Para telur ikan cupang ini memerlukan waktu sekitar 3 hari untuk dapat menetas.

Disaat mereka mulai menetas, kita tidak perlu memberi mereka makan terlebih dahulu. Kita hanya perlu memberi mereka kutu air dengan jumlah yang sedikit agar tidak membuat air dalam wadah menjadi kotor.

8. Ambil ikan cupang jantan

Silahkan sobat sekalian angkat indukan ikan cupang jantan setelah 2 minggu sejak telur menetas. Pindahkan anak ikan cupang tersebut ketempat yang lebih luas dan jangan lupa untuk memberikan kutu air atau larva nyamuk (jentik) kedalamnya.

9. Pilah ikan berdasarkan jenis kelaminnya

Setelah anakan ikan cupang memasuki usia 1,5 bulan, silahkan sobat sekalian  pisahkan ikan-ikan tersebut sesuai dengan jenis kelaminnya.

Baiklah, demikian cara budidaya ikan cupang hias yang benar untuk pemula. Semoga bermanfaat untuk sobat semuanya ya. Terima kasih

Author: Duniakoi.com

Leave a Reply